Iran Bakal Kirim Rudal Balistik ke Rusia, AS Ketar-ketir Bakal Tempuh Jalur PBB

- 23 Februari 2024, 11:41 WIB
Ilustrasi-Rudal Balistik Iran untuk Rusia.*
Ilustrasi-Rudal Balistik Iran untuk Rusia.* // Twitter @LogKa11

PR KUNINGAN — Sejumlah oknum pejabat Iran menyebut bahwa negaranya berencana bakal mengirimkan ratusan rudal balisitik ke Moskow, Rusia untuk jenis Fatech-110 dalam beberapa pekan ini.

Rencana pengiriman 400 rudal balistik ke Rusia oleh Iran, mendapatkan kecaman keras dari pemerintah Amerika Serikat (AS).

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden AS, Joe Biden pada Kamis, 22 Februari 2024. Menurut Biden, jika negara Iran akhirnya nekat mengirim tambahan ratusan rudal balistik ke Rusia maka dipastikan bakal mendapat tanggapan dan respons yang keras dari komunitas internasional.

Sementara itum Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby menyebut bahwa pemerintah AS saat ini terus melakukan pemantauan dengan cermat.

Baca Juga: Wow, Free Fire Bakal Dipertandingan di Piala Dunia Esports, Arab Saudi jadi Tuan Rumah

Meski begitu, John menyebut bahwa hingga saat ini belum ditemukan terkait tanda-tanda proses pengiriman rudal oleh Iran untuk Rusia.

Namun, John mengatakan bahwa pemerintah AS tidak bisa begitu saja percaya dan bakal terus menindaklanjuti isu tersebut.

“Jika Iran melanjutkan penyediaan rudal balistik ini, saya dapat meyakinkan Anda bahwa tanggapan dari komunitas internasional akan cepat dan akan keras,” ujarnya dikutip dari ANTARA.

Tidak hanya itu, apabila aksi pengiriman rudal memang terjadi maka pemerintah AS bakal membawa masalah itu dan membahasnya di Dewan Keamanan PBB, dengan harapan dapat menjatuhkan sanksi terhadap Iran.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x