Rumah Rusak Imbas Angin Puting Beliung Sumedang Bakal dapat Bantuan, Bagaimana dengan Pabrik?

- 23 Februari 2024, 14:37 WIB
Seorang lelaki berdiri di dekat rumah-rumah yang rusak akibat angin puting beliung di desa Sukadana, Sumedang, provinsi Jawa Barat, Indonesia, pada tanggal 22 Februari 2024, seperti yang terlihat dalam foto yang diambil oleh Antara Foto.
Seorang lelaki berdiri di dekat rumah-rumah yang rusak akibat angin puting beliung di desa Sukadana, Sumedang, provinsi Jawa Barat, Indonesia, pada tanggal 22 Februari 2024, seperti yang terlihat dalam foto yang diambil oleh Antara Foto. /Antara Foto/Raisan Al Farisi/melalui REUTERS/

PR KUNINGAN — PJ Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin memastikan, bahwa terkait rumah warga yang rusak disejumlah wilayah di Kabupaten Sumedang imbas bencana angin puting beliung beberapa hari lalu, bakal mendapatkan bantuan.

Bey menyebut, nantinya bantuan perbaikan rumah warga yang rusak pasca diterjang angin puting beliung bersumber dari anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) Pemkab Sumedang.

Sementara untuk beberapa pabrik dan perusahaan yang alami kerusakan akibat angin puting beliung, pihaknya saat ini tengah mencari solusi terbaik.

"Sementara untuk perusahaan atau pabrik yang mengalami kerusakan, Bupati Sumedang akan bicara dengan Apindo dan 14 perusahaan yang terdampak bencana," ucap Bey.

Baca Juga: Ganjar Buka Suara Soal Isu Mahfud Md Tak Dukung Hak Angket: Anda Salah!

Untuk memperlancar proses pemulihan pasca bencana angin puting beliung, Bey mengatakan bahwa akan ada status tanggap darurat yang diberlakukan oleh Pemkab Sumedang.

"Pak Bupati Sumedang akan segera menetapkan tanggap darurat," imbuhnya.

Biaya Korban Bencana Angin Puting Beliung

Sementara itu, Pj Gubernur Jabar, Bey Triadi Machmudin menjelaskan bahwa terkait biaya korban luka-luka tidak ditanggung dikarenakan sudah menjalani perawatan di klinik dan sudah diperbolehkan pulang, namun jika terdapat korban yang harus menjalani perawatan di rumah sakit maka seluruh biayanya bakal ditanggung pemerintah.

Seperti diketahui sebelumnya, bencana alam angin puting beliung memporak-porandakan dua kabupaten di Jawa Barat yakni Sumedang dan Bandung pada Rabu, 12 Februari 2024.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x