Ternyata Ini Hukum Sikat Gigi Saat Puasa! Simak Tips dan Penjelasannya

- 19 Maret 2024, 07:30 WIB
Bolehkah Sikat Gigi saat Puasa?
Bolehkah Sikat Gigi saat Puasa? /

PR Kuningan – Bau mulut salah satu kondisi yang membuat kita tidak percaya diri. Hal ini bisa diatasi atau dilakukan dengan menyikat gigi ataupun mengkonsumsi permen penyegar mulut. Tetapi apakah ketika sedang puasa kita boleh menyikat gigi?

Bau mulut terjadi karena beberapa hal, pertama karena makanan yang kita konsumsi saat santap sahur yang cenderung memiliki bau menyengat. Hal tersebut memicu bakteri berkembang biak dengan cepat. Kedua, bau mulut juga bisa dipicu oleh kondisi tubuh, seperti penderita diabetes dan maag.

Baca Juga: Al Quran Penyejuk Hati, Perbanyaklah Membacanya Selama Puasa dan Hindari Benci di Bulan Suci

Sementara saat menjalankan ibadah puasa umat muslim dianjurkan menghindari material dari luar masuk ke dalam tubuh bagian manapun, termasuk air saat kita berkumur dan sikat gigi. Ketika kita melakukan aktivitas tersebut tentu akan ada kemungkinan air masuk ke dalam mulut.

Menurut Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani dalam Nihayatuz Zain dari halaman NU Online, dijelaskan bahwa berkumur dan sikat gigi ketika puasa hukumnya adalah makruh.

Didalam keterangan lain, menurut Imam Nawawi dalam al-Majmu', syarah al-Muhadzdzab menjelaskan bahwa perlu kehati-hatian tatkala ingin menggosok gigi di saat sedang berpuasa.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi ASN, THR dan Gaji ke 13 Segera Cair!

Hal ini dikhawatirkan material baik air, pasta gigi, atau bulu dari sikat gigi masuk ke tenggorokan yang menyebabkan batalnya puasa meskipun dilakukan tanpa sengaja.

Untuk menghindari hal yang membatalkan puasa dalam masalah gosok gigi saat berpuasa, caranya adalah dengan mengatur waktu kapan menggosok gigi. Yaitu biasanya dilakukan sesaat setelah makan sahur sebelum imsyak.

Baca Juga: KPU Punya Ruang Gerak Tetapkan Hasil Pemilu 2024 Hanya Sampai Rabu

Halaman:

Editor: Iwan Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah