Pasca KPU Tetapkan Hasil Pemilu 2024, Tokoh Agama Indonesia Serukan Kerukunan dan Perdamaian

- 23 Maret 2024, 04:55 WIB
Para tokoh agama yang tergabung dalam Forum Peduli Indonesia Damai, Jumat (22/3/2024).*
Para tokoh agama yang tergabung dalam Forum Peduli Indonesia Damai, Jumat (22/3/2024).* /PR Kuningan/ANTARA/HO-Forum Peduli Indonesia Damai.

PR KUNINGAN — KPU RI telah melaksanakan penetapan hasil Pemilu 2024, pada Rabu, 20 Maret 2024. Dan baru-baru ini, para tokoh agama menyerukan pesan kerukunan dan perdamaian.

Tokoh agama tersebut adalah anggota Forum Peduli Indonesia Damai, menggelar deklarasi Pemilu 2024 damai, pada Jumat 22 Maret 2024.

Disampaikan, Xueshi Budi Tanuwibowo selaku Ketua Umum Majelis Tinggi Agama Khonghucu (Matakin), mengemukakan, pemilu adalah proses memilih pemimpin dan wakil yang memenuhi keinginan rakyat.

Oleh karena itu, dia mengimbau agar keinginan itu tidak dirusak oleh tindakan buruk yang menimbulkan perpecahan.

“Maka dari itu, dari Forum Peduli Indonesia Damai ini sudah enam kali menyerukan agar kita semua tetap dalam koridor persatuan dan keharmonisan bangsa,” kata Xueshi dalam deklarasi Forum Peduli Indonesia Damai, di Jakarta.

Baca Juga: Dalam Kajian Ramadhan ICMI Orda Kuningan, Pj Bupati Iip Hidajat Pinta Sumbangsih Pemikiran dari Cendekiawan

Ditambahkan Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), K.H. Marsudi Syuhud, bahwa hasil rekapitulasi KPU RI harus dipandang dengan kasih sayang dan rahmat.

Namun, orang-orang yang tidak puas dengan hasil tersebut masih memiliki kesempatan untuk mengadukan kasusnya ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Marsudi menyatakan, "Bagi pihak yang menerima dari hasil ini dapat memihak kepada semuanya tanpa melihat permusuhan."

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x