Ternyata ini Daftar Alutsista yang Sudah Dibeli Indonesia Sejak Tahun 2019, Nilainya Capai Rp 500 Trilun

- 8 Januari 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi-Pesawat Tempur.* / Sumber Foto: Pixabay / Defence-Imagery.
Ilustrasi-Pesawat Tempur.* / Sumber Foto: Pixabay / Defence-Imagery. /Adinda Lubis /MEDANSATU.ID

PR KUNINGAN — Berikut ini daftar Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) yang sudah dibeli Indonesia sejak Tahun 2019 yang nilainya menyentuh angka cukup fantastis, yakni mencapai Rp 500 Triliun.

Sebagai upaya meningkatkan ekuatan hingga kesiapan operasional TNI, pemerintah melalui Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, terus berupaya melakukan pembaharuan untuk seluruh alat alutsista.

Tak tanggung-tanggung, dalam upaya melakukan pembaharuan alusista milik TNI, sejak menjabat sebagai Menhan Prabowo Subianto telah mengeluarkan anggaran negara mencapai Rp 500 triliun.

Hal tersebut dilakukan, sebagai upaya menghadapi adanya kemungkinan ancaman yang cepat berubah sesuai dengan dinamika situasi geopolitik hingga geo strategis di tingkat global maupun regional.

Baca Juga: Pengurus Baru HMPS PPKN UAD Resmi Dilantik, Siap Jaga Sinergitas hingga Torehkan Prestasi

Pengadaan alutsista untuk TNI oleh Kemenhan nampaknua akan terus dilakukan, hal tersebut karena Kemenhan, menjadi salah satu lembaga eksekutif yang mendapat jatah anggaran yang cukup besar, dengan total nilai Rp 135,45 triliun pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024.

Dengan anggaran yang cukup wah tersebut, tentunya semata-mata untuk memastikan bahwa TNI memiliki kekuatan yang memadai dan kesiapan operasional yang sangat mumpuni.

Dalam proses pembaharuan alutsista itu, tlah melibatkan pengadaan dan pengembangan teknologi militer terkini serta peningkatan kababilitas personel TNI.

Baca Juga: Hore : Daftar Hari Libur Nasional di Bulan Januari 2024, Catat Tanggal Merahnya Buat yang Suka Traveling

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x