Waduh, Ada Panitia Pengawas Pemilu Mendadak Hilang Tanpa Jejak: Bawaslu RI Turun Tangan

- 28 Februari 2024, 09:05 WIB
Ilustrasi-Waduh, Ada Panitia Pengawas Pemilu Mendadak Hilang.*
Ilustrasi-Waduh, Ada Panitia Pengawas Pemilu Mendadak Hilang.* /Realita Rakyat/

PR KUNINGAN —  Seorang panitia pengawas pemilu dilaporkan menghilang tanpa jejak dan kini masih dalam proses pencarian hingga saat ini. Hal terseut diungkapkan oleh Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Herwyn J. H. Malonda.

Dirinya mengatakan, bahwa panitia pengawas pemilu yang hilang itu terjadi di wilayah Papua Tengah dan Bawaslu Kabupaten Mimika terus melakukan pencarian.

“Ketua Bawaslu Kabupaten dan Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (Kordiv SDM) itu telah berkoordinasi dengan Basarnas pada tanggal 15 Februari 2024. Ini lagi dikoordinasi lagi. Kemudian dengan pemerintah daerah juga sudah koordinasi di tanggal 16 Februari 2024,” ujar Herwyn, Selasa 27 Februari 2024.

Herwtn menambahkan, pihak Bawaslu Kabupaten Mimika telah memfasilitasi keluarga korban untuk ikut ke titik pencarian dari tanggal 18 sampai dengan 22 Februari 2024. Namun, hingga saat ini belum membuahkan hasil.

Baca Juga: Resep Kolak Pisang Dijamin Lezat dan Mudah untuk Dibuat, Cocok untuk Menu Buka Puasa Ramadhan 2024

“Mungkin kami, Bawaslu RI, bisa saja akan berkoordinasi untuk hal ini. apakah benar yang bersangkutan benar-benar hilang atau gimana? Kita akan pastikan seluruh jajaran kita supara bisa bekerja, dipastikan keselamatannya, sambil berkoordinasi dengan pihak keamanan. Apalagi kan kita ketahui bersama peristiwa itu terjadi di Papua,” jelasnya.

Menurutnya, pihak Bawaslu wilayah itu juga telah mengadakan pertemuan guna membahas dan memastikan panwas tersebut benar-benar hilang. Selain itu, imbuhnya, dibahas juga proses pencarian panwas yang hilang itu.

“Itu lagi dikoordinasikan, yang saya katakan tadi upaya-upaya yang dilakukan oleh Bawaslu setempat. Akan lagi koordinasikan di tingkat nasional,” tuturnya dikutip dari ANTARA.

Sementara itu, kasus adanya hilangnya anggota pengawas pemilu itu pun mendapat perhatian dari Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah