DPR RI Usul Seleksi PPPK dan CPNS 2024 ada Formasi Khusus untuk Guru Bahasa Daerah: Mudah-mudahan Tahun Ini

- 8 Maret 2024, 14:10 WIB
Ilustrasi guru sedang mengajar.
Ilustrasi guru sedang mengajar. /Pexels/Roman Odintsov/

PR KUNINGAN — Menjelang dibukanya seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) yang dijadwalkan bakal berlangsung April besok.

Wacana baru pun disuarakan oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian yang mengusulkan agar dalam pelaksanan seleksi CPNS dan PPPK 2024 agar ada pembukaan formasi khusus guru bahasa daerah.

Usulan Hetifah itu disuarakan langsung kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim di sela-sela Rapat Kerja (Raker) Komisi X DPR RI dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim.

Wakil rakyat itu pun berharap, usulannya itu dapat direalisasikan pada seleksi CPNS dan PPPK tahun ini.

“Pelu dibuka formasi khusus bagi guru-guru bahasa daerah. Kami juga temukan aspirasi ini dari kunjungan kerja. Mudah-mudahan bisa tahun ini kita akomodasi,” ujar Hetifah, Rabu 7 Maret 2024.

Baca Juga: Oknum PPK Lakukan Aksi Curang, Geser Suara Parpol untuk Caleg: Mengaku Terdesak Kebutuhan Bayar Hutang ke Bank

Menurutnya, usulannya itu sangat penting sebagai upaya melindungi dan melestarikan bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia, yang kini terancam punah.

Politikus Partai Golkar itu juga menyebut, bahwa yang jadi kendala dalam pelestarian bahasa daerah di Tanah Air salah satunya karena jumlah guru bahasa daerah yang jumlahnya masih sedikit.

Bahkan, saat ini bahasa daerah tidak dihadirkan secara khusus di sekolah, akan tetapi justru dimasukkan ke dalam mata pelajaran seni budaya.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x