Upacara Seba Baduy 2024 Hadir Kembali, Catat Tanggal Pelaksanaannya: 1.500 Warga Badui Luar dan Dalam Hadir

- 4 Mei 2024, 18:18 WIB
Potret pelaksanaan Seba Baduy di tahun 2018.
Potret pelaksanaan Seba Baduy di tahun 2018. /Tangkapan layar Instagram/@syafrida_photo/

PR KUNINGAN — Tradisi upacara Seba Baduy 2024 dijadwalkan bakal kembali digelar oleh masyarakat Baduy Dalam dan Baduy Luar yang berada di wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Tidaknya diikuti masyarakat Baduy Luar dan Baduy Dalam, layaknya di tahun-tahun sebelumnya gelara upacara Seba Baduy 2024 ini pun bakal diikuti oleh Bupati Lebak dan Gubernur Banten guna memperkuat silaturahmi dengan kepala pemerintahan.

Dalam mempersiapkan acara Sebar Baduy 2024 ini, sejumlah persiapan pun telah dilakukan sejak saat ini. hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Desa Kanekes, Djaro Saija yang juga Ketua Adat Badui.

“Kami sudah mempersiapkan hasil pertanian ladang untuk diberikan kepada bupati dangubernur pada upacara perayaan tradisi Sebat,” ujar Djaro.

Baca Juga: Taruna STIP Tewas Diduga jadi Korban Penganiayaan Senior: Bikin Dunia Pendidikan Tercoreng

Dirinya mengatakan, sejumlah hasil pertanian masyarakat Badui Dalam dan Badui Luar seperti pisang, beras, gula merah, talas, tepung laksa, iris dan beragam jenis hasil bumi lainnya sudah dipersiapkan untuk acara Seba Baduy 2024.

“Kami merasa bersyukur atas limpahan hasil bumi, sehingga wajib memberikan kepada kepala daerah sebagai ucapan terima kasih yang melindungi masyarakat Badui,” tambahnya dikutip dari Antara, Sabtu 4 Mei 2024.

Nantinya, dijadwalkan pelaksanaan upacara Seba Baduy 2024 akan berlangsung pada tanggal 16 Mei 2024 dan akan dilakukan bersama Pj Bupati Lebak Iwan Kurniawan dan Forkipimda dengan dipusatkan di Alun-alun Multatuli Rangkasbitung.

Nantinya, upacara Seba Baduy 2024 akan diikuti oleh warga Badi bersama dengan Pj Gubernur Banten Muktabar dan akan berlangsung di Gedung Pendopo Provinsi Banten.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah