Mendagri Harap Maskapai Penerbangan Tidak Naikkan Harga Tiket Pesawat saat Mudik Lebaran 2024: Tapi yang Wajar

- 6 Maret 2024, 09:10 WIB
Ilustrasi- Antrean Calon Penumpang di Bandara di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (19/4/2023).
Ilustrasi- Antrean Calon Penumpang di Bandara di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (19/4/2023). /Muhammad Iqbal/YU/ANTARA FOTO

PR KUNINGAN — Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian berharap para maskapai penerbangan tidak menaikkan harga tiket pesawat saat memasuki musim mudik lebaran 2024 hingga arus balik lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Maka dari itu, Mendagri meminta Kementeri Perhubungan (Kemenhub) sebagai instansi yang membawahi transportasi di Tanah Air itu, untuk menyampaikan harapanya itu kepada para pengusaha maskapai penerbangan.

“Kami mohon betul kalau bisa dikumpulkan teman-teman airlines (oleh Kemenhub) supaya (maskapai penerbangan) janganlah mengambil harga patokan tertinggi, tapi ya yang wajar, yang biasa,” ujar Tito, Senin 4 Maret 2024.

Hal tersebut disampikan langsung oleh Mendagri kepada Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Bidang Pelayanan Transportasi Laut dan Kemaritiman, Andre Mupyana saat Rapat Koordinasi Hari Besar Kegamaan Nasional (HBKN) Puasa dan Idul Fitri 1445 Hijriah yang berlangsung di Jakarta.

Baca Juga: Update Kasus Konten Video ‘Tukar Pasangan’ Gus Samsudin, Polisi Tetapkan Dua Tersangka Baru

Menurutnya, hal tersebut sangatlah penting mengingat angkuta udara jadi salah satu penyumbang inflasi saat HBKN Idul Fitri maupun Natal dan Tahun Baru.

Mantan Kapolri itu pun meminta agar Kemenhub bisa mengumpulkan dan berkomunikasi dengan pihak maskapai penerbangan agar tidak memanfaatkan momen mudik lebaran untuk menaikkan harga tiket pesawat.

“Karena demand-nya (pemintaan) tinggi sekali jangan sampai demand-nya tinggi kemudian patokannya tadi mumpung, mereka untung tapi nanti dampaknya transportasi naik inflasi akan naik dan harga pangan juga akan naik,” imbuh Mendagri Tito, dikutip dari ANTARA.

Tidak hanya menyangkut harga tiket pesawat, Mendagri juga meminta Kemenhub untuk memastikan kesiapan infrastruktur penunjang, seperti pelabuhan dan bandara guna mendukung proses distribusi kebutuhan pokok terutama menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2024.

Halaman:

Editor: Ade Ardiansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x