83 Ribu Pemudik Mengendarai Sepeda Motor Lintasi Jalur Pantura; Pemudik Bermotor di Pelabuhan Ciwandan Pingsan

- 7 April 2024, 15:40 WIB
Pemudik membonceng istri dan anaknya saat melintasi jalur pantura Cirebon. Hujan deras menyamput pemudik yang melintasi jalur pantura Cirebon, Jawa Barat, Sabtu, 6 April 2024. Hujan deras berlangsung sekitar 1 jam.*
Pemudik membonceng istri dan anaknya saat melintasi jalur pantura Cirebon. Hujan deras menyamput pemudik yang melintasi jalur pantura Cirebon, Jawa Barat, Sabtu, 6 April 2024. Hujan deras berlangsung sekitar 1 jam.* /PR Kuningan/Kabar Cirebon

PR KUNINGAN — Jalur Pantura Cirebon – Semarang dipadati pemudik mengendarai sepeda motor. Hasil perkiraan hingga Minggu 7 April 2024 dini hari, sekitar 83 ribu pengendara motor melintas untuk perjalanan mudik Lebaran 2024.

Menurut laporan dari Posko Pengamanan Lebaran Pemerintah Kota Cirebon, terdapat 39 ribu kendaraan yang melintasi kota pada hari Jumat, 5 April 2024, atau H-5 Lebaran—peningkatan lebih dari 40%.

Kepala Posko Pengamanan Kanggraksan Polres Cirebon Kota, AKP Joni Rahmat, mengatakan bahwa mayoritas pemudik yang bermotor datang dari arah Jakarta, melintasi Cirebon tujuan Jawa Tengah mulai menuju Semarang, Tegal, Pemalang, dan kota lainnya.

Diperkirakan, bahwa jumlah pemudik yang melintasi Jalur Pantura Cirebon dapat terus meningkat sampai H-2 Lebaran, atau Senin, 8 April 2024 nanti.

Baca Juga: Tips Aman Berkendara Mudik Lebaran Pakai Sepeda Motor Jarak Jauh, Agar Selamat dan Tidak Mudah Lelah

Meskipun jumlah kendaraan meningkat, polisi menjaga lalu lintas di Jalur Pantura Cirebon dengan sigap supaya lancar dan aman.

Terpantau, Kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) Cirebon telah melakukan berbagai upaya untuk mengatur, seperti membatasi aktivitas truk bersumbu tiga dan menyekat jalan putar balik.

“Sudah diperhitungkan sebelumnya dan dapat dibuktikan pada hari ini setelah dilakukan upaya pembatasan dan penyekatan arus lalu lintas ramai tapi lancar,” katanya.

Perkiraan lainnya, sebagian besar pemudik di Jalur Pantura Cirebon - Semarang sudah tiba di kota tujuan masing-masing, mereka memperkirakan bahwa volume pemudik akan mulai menurun pada H-1 Lebaran, atau Selasa, 9 April 2024 pagi.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah