Info CPNS 2024, MenPAN RB Dikritik Fresh Graduate dan Masalah Dugaan Titipan ‘Orang Dalam’

- 17 April 2024, 17:23 WIB
Info CPNS 2024, MenPAN RB Dikritik Fresh Graduate dan Masalah Dugaan Titipan ‘Orang Dalam’
Info CPNS 2024, MenPAN RB Dikritik Fresh Graduate dan Masalah Dugaan Titipan ‘Orang Dalam’ /Freepik

PR KUNINGAN — Tahun ini, Pemerintah Republik Indonesia menyiapkan penerimaan CASN sebanyak 2,3 juta formasi, termasuk formasi CPNS dan PPPK 2024. Dan, terdapat formasi untuk “fresh graduate” atau lulusan baru.

Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas, menyatakan bahwa kuota fresh graduate tahun ini mencapai 690.822 formasi, jauh lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya, yang biasanya hanya 6.000 atau 10.000.

Pada Rabu, 17 April 2024, Azwar menyatakan, "Kami membutuhkan kurang lebih 600 ribu fresh graduate. Anak-anak muda yang nanti akan ikut tes seleksi terbuka, transparan."

Baca Juga: Hasil Liga Champions Leg 2 Dortmund vs Atletico Madrid dan Barcelona vs PSG, Comeback Dramatis!

Selain itu, Azwar menjamin bahwa pengisian formasi akan dilakukan melalui seleksi yang terbuka dan transparan, menghilangkan jalur titipan orang dalam.

"Tidak ada lagi istilah orang dalam. Tidak ada lagi istilah ASDP, anak, saudara, dan ponakan, karena di situ semua sistemnya CAT," katanya.

Selain itu, Azwar menyatakan bahwa tidak ada lagi alasan untuk menentang penempatan CPNS di IKN karena 200 ribu dari 600 ribu akan langsung ditempatkan di sana.

Baca Juga: Jelang Putusan Sidang MK Sengketa Pilpres, Timnas AMIN Taruh Harapan ini Kepada Hakim

Dia menyatakan, "Bapak Presiden (Jokowi) memerintahkan kami mempersiapkan dari 600 ribu ada 200 ribu ASN yang akan masuk ke IKN. Jadi sejak dia daftar, dia langsung ngisi akan ke IKN."

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x