Info Gempa Terkini, BMKG Beberkan Kronologi Gempa Bumi Hari ini yang Mengguncang Bandung Jawa Barat

- 1 Mei 2024, 15:49 WIB
Peta pusat gempa bumi tektonik yang melanda wilayah Kabupaten Bandung Jawa barat dan sekitarnya Rabu 1 Mei 2024, setodaknya terjadi 6 guncangan gempa bumi yang dirasakan.
Peta pusat gempa bumi tektonik yang melanda wilayah Kabupaten Bandung Jawa barat dan sekitarnya Rabu 1 Mei 2024, setodaknya terjadi 6 guncangan gempa bumi yang dirasakan. /Tangkapanlayar Instagram @bmkgwilayah2/

PR KUNINGAN — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan hari ini, Rabu 1 Mei 2024, pukul 10.06 WIB, telah terjadi gempa bumi yang mengguncang wilayah Bandung, Jawa Barat.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M 4,2. Episenternya terletak di darat, 20 km tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada kedalaman 4 km, pada koordinat 7.2 LS dan 107.57 BT.

BMKG mengklasifikasikan Gempa Bandung ini sebagai gempa bumi jenis dangkal karena Sesar Garut Selatan. Dengan mempertimbangkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya hasil analisis.

Baca Juga: May Day! Putra Daerah Kuningan Gerakan Massa Hampir 50 Ribu Orang Ikuti Aksi Hari Buruh 2024 di Patung Kuda

Selain itu, dampak Gempa Bandung digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan laporan masyarakat menyatakan bahwa guncangan dirasakan di daerah Majalaya, Ciwidey, Banjaran,

Intensitas di Cibereum, Pangalengan, dan Garut mencapai Skala Intensitas III MMI, dan di Soreang, Kabupaten Bandung, Pasirwangi, Garut mencapai Skala Intensitas II MMI, dengan getaran yang dirasakan oleh beberapa orang dan terasa seperti truk berlalu.

Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan bangunan akibat Gempa Bandung tersebut.

Baca Juga: Gak Perlu Unek-unek Lagi Timnas Indonesia Dikalahkan Uzbekistan, PSSI Sebut Keputusan Wasit Shen Yinhao Sesuai

Hingga pukul 10.28 WIB, BMKG mencatat dua kali aktivitas gempa bumi susulan di Bandung.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah