Tenaga Kesehatan Sedunia Geram! WHO Ungkap Kebiadaban Penjajah Israel Menelanjangi Petugas Medis di Gaza

- 14 Desember 2023, 08:38 WIB
Kendaraan milik transportasi Komite Palang Merah Internasional melepaskan sandera menuju penyeberangan Rafah di Jalur Gaza selatan pada 24 November 2023.
Kendaraan milik transportasi Komite Palang Merah Internasional melepaskan sandera menuju penyeberangan Rafah di Jalur Gaza selatan pada 24 November 2023. /ANTARA/Xinhua/Rizek Abdeljawad/aa./

PR KUNINGAN — Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa para petugas medis di Jalur Gaza yang menjalankan misi kemanusiaan di wilayah Palestina dikepung oleh tentara Israel.

WHO menyatakan bahwa tenaga kesehatan di sana mendapatkan pelecehan, dipukuli, ditelanjangi, dan digeledah.

“Staf WHO menyaksikan staf Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) diminta berlutut dengan senjata ditodong dan kemudian dibawa ke tempat tertutup,” ungkap Richard Peeperkorn, perwakilan WHO di wilayah pendudukan Palestina, sebagaimana dikutip dari laman PBB, Rabu 13 Desember 2023 waktu negara setempat.

Baca Juga: Buruh Kudu Melek Politik! MPBI DIY Bangun Paradigma Politik Perburuhan Indonesia dalam Sekolah Serikat Buruh

Dilaporkan, petugas medis di Jalur Gaza, Palestina, menghadapi kesulitan dalam menjalankan tugas kemanusiaan mereka karena tentara Israel menginspeksi tenaga kesehatan di pos-pos pemeriksaan.

"Seharusnya tidak boleh ada seorang pun petugas medis yang ditahan," kata Peeperkorn.

Diketahui, tentara penajajah Israel menahan dua anggota staf PRCS yang sedang dalam perjalanan ke Gaza utara selama lebih dari satu jam.

Baca Juga: Aktivitas Gunung Bromo Meningkat, Tanda-tanda Mau Erupsi? PVMBG Larang Masyarakat Mendekat ke Kawah

WHO juga mengungkapkan bahwa salah satu ambulans yang membawa pasien dari Rumah Sakit Al-Ahli tertembak saat memasuki Kota Gaza dan kembali menuju Gaza selatan.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: PBB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x