Idul Fitri 1445 H Akan Dirayakan Serentak di Hari yang Sama oleh NU dan Muhammadiyah? Wujudkan KHGT

- 8 April 2024, 06:30 WIB
PP Muhammadiyah telah menetapkan bahwa Idul Fitri 1445 H jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2024.
PP Muhammadiyah telah menetapkan bahwa Idul Fitri 1445 H jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2024. /PR Kuningan/muhammadiyah.or.id

PR KUNINGAN — Lebaran 2024 atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H kapan waktunya dirayakan umat Islam di Indonesia? Apakah warga Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah akan sama dengan tanggal yang ditentukan pemerintah?

Muhammadiyah sebelumnya telah memperkirakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H atau Lebaran 2024, akan dirayakan serentak. Dimana, 1 Syawal 1445 Hijriah akan jatuh pada 10 April 2024.

Tentang prediksi tersbebut dikemukakan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir.

Yang mana, Ketum PP Muhammadiyah mengharapkan tidak ada kebingungan dirasakan masyarakat di Tanah Air, yang selalu mempertanyakan apakah ada perbedaan soal waktu penetapan awal Ramadhan hingga 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Baca Juga: Ketum Muhammadiyah Isyaratkan Hakim MK Kudu ‘Bermoral Malaikat’ Kala Mengambil Keputusan Sengketa Pilpres 2024

"Insya Allah Muhammadiyah akan ber-Idul Fitri pada 10 April 2024 dan tampaknya Idul Fitri akan sama antara pemerintah dan Muhammadiyah," kata Haedar, di Kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, dikutip Minggu, 7 April 2024.

"Ramadhan-nya beda tapi Idul Fitri-nya sama karena ada perbedaan cara penetapan," kata dia lagi.

Lebih lanjut diutarakan Ketum PP Muhammadiyah, bahwa di luar perbedaan cara penetapan tanggal Hijriah, menurutnya toleransi di lingkungan masyarakat adalah yang harus selalu diutamakan, agar persatuan dan kesatuan bangsa senantiasa terjaga baik.

"Sama maupun berbeda insya Allah kita sudah masuk pada fase saling memahami dan toleransi," katanya.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: Muhammadiyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah